Selasa, 24 Juli 2012

Tips dan Kiat Berpuasa Untuk Anak

Bulan puasa Ramadhan sebentar lagi tiba, buat umat muslim mempunyai kewajiban untuk berpuasa selama sebulan penuh di bulan penuh terutama untuk yang mampu. lalu bagaimana dengan mereka yang tidak kuat berpuasa seperti anak-anak. Anak-anak harus dilatih sejak dini untuk menjalankan ibadah puasa. Berikut adalah tips dan kiat untuk mengajarkan berpuasa kepada anak-anak agar lancar berpuasa.


1. Latihlah mereka untuk makan di saat lapar dan makan tidak sampai kekenyangan. Sebagaimana hadits nabi : "Kami adalah kaum yang tidak akan makan sampai kami merasa lapar dan apabila kami makan tidak sampai kenyang". Jika kita membiasakan anak merealisasikan hadits ini, maka akan lebih mudah bagi mereka untuk belajar berpuasa. Namun, tentunya, proses ini bertahap.
2. Memberi motivasi. Misalnya, puasa selama tiap 3 jam. Jika mereka tidak tahan, maka biarkan dulu mereka makan. Lalu disambung lagi.
3. Puasa setengah hari. Biasanya kita menyebutnya puasa bedug. Saat adzan zuhur makan, lalu melanjutkan puasa sampai maghrib.
4. Berikan penghargaan. Jika anak berhasil menyelesaikan puasanya dalam sehari, berilah hadiah. Misalnya, dengan membuatkan menu berbuka special pilihannya. Atau uang saku tambahan.
(dikutip dari pondokibu.com)
Kiat Anak Berpuasa
1. Menu makanan berbuka dan sahur untuk anak sama saja dengan menu orang dewasa.
2. Beri makanan atau minuman yang mengandung gula saat, misal teh manis hangat dan kue manis. Minuman hangat lebih dianjurkan. Gula mudah diserap dalam tubuh menjadi sumber energi.
3. Pada malam hari, ada baiknya anak makan lagi sebelum tidur atau pada saat-saat senggang di waktu malam.
4. Untuk sahur, perbanyaklah makanan dari jenis protein dan lemak seperti daging, nasi, telur, ikan, dan lainnya. Makin besar lemak dan protein yang dikonsumsi saat sahur, otomatis cadangan energi yang dimiliki si buah hati juga lebih besar. Namun, jangan sampai makan berlebih karena lambung akan penuh dan perut terasa tak enak.
5. Berikan zat gizi tambahan seperti vitamin atau kalsium dalam bentuk susu. Namun, jangan memberikan vitamin penambah nafsu makan, karena justru akan membuatnya jadi cepat lapar.
6. Jangan memberi makanan dan minuman yang merangsang selama berbuka puasa, seperti makanan yang asam, bersantan, atau pedas.
7. Perbanyak juga konsumsi serat karena akan membantu melancarkan buang air besar (BAB). Konsumsi serat juga dapat membantu menghindari rasa lapar.