Rabu, 25 Juli 2012

Cara Hemat Internetan di Luar Negeri



TELEPON seluler sudah menjadi barang yang wajib di bawa saat berlibur. Namun, untuk tetap melakukan komunikasi, Anda akan dikenai tarif yang berbeda dari tarif biasanya karena ada biaya roaming.

Terlebih jika anda ingin tetap selalu terkoneksi akses internet. Anda yang tidak mencari tahu biaya roaming di negara tujuan mungkin akan mengandalkan tarif internet unlimited dari operator dalam negeri.

Pembuat web browser Opera Software memberi beberapa tip untuk tetap menghemat tagihan ponsel anda untuk liburan yang akan datang:

1. Sebelum berlibur, cari tahu daftar tarif roaming internasional yang ditawarkan operator anda, yang terkadang menyediakan penawaran-penawaran hemat untuk data roaming.

Apakah anda mengubah paket data atau tidak, ketika anda sampai di tempat tujuan, sempatkan untuk membaca SMS dari jaringan operator sementara, yang terkadang memberikan informasi tarif data yang berlaku.

2. Gunakan browser mobile berbasis awan yang akan mengecilkan laman situs. Dengan cara itu, perangkat akan memuat data yang lebih kecil sehingga lebih hemat uang. Mengecilkan laman web juga membantu browsing menghemat paket data roaming.

3. Ketika mengaktifkan roaming, gunakan hanya layanan yang benar-benar penting, seperti browser web dan email. Tindakan itu dapat menghindari aplikasi lain melakukan pembaruan secara otomatis.

4. Untuk mengakses internet tanpa paket data roaming, gunakan koneksi wi-fi. Biasanya tersedia di bandar udara, hotel, dan cafe. (MI/Wrt3)