Selasa, 24 Juli 2012

8 Kesalahan Perawatan Rambut



Sudah pakai perawatan ini itu tetapi rambut masih terlihat kusam. Hmmm... mungkin masih ada yang salah dengan perawatan rambutmu.
Cek dulu deh, apakah kamu melakukan 8 kesalahan berikut ini:
Kesalahan 1: tidak melakukan trimming rutin
Para ahli menyarankan agar kita rajin melakukan trimming setidaknya setiap 6 minggu sekali. Trimming tujuannya adalah untuk menghilangkan bagian-bagian rambut yang sudah rusak. Sebenarnya bagian rambut tersebut masih bisa dirawat, namun karena kondisinya yang sudah rusak, maka membutuhkan waktu yang lama untuk merawatnya.
Agar bagian rambut yang lain tercukupi nutrisinya, lebih baik bagian rambut yang rusak ini ditrimming saja.
Kesalahan 2: tidak menggunakan daily/clarifying shampoo
Nah, jika Anda adalah orang yang keramas setiap hari, sebaiknya gunakan daily/clarifying shampoo. Formula dari shampoo tersebut jauh lebih lembut dan tidak keras, sehingga tidak merusak rambut dan kelembabannya tetap terjaga.
Kesalahan 3: kurang bersih membilasnya
Kurang bersih membilas shampoo juga dapat menyebabkan rambut rusak lho. Bahan kimia yang tertinggal di rambut akan mengering dan meninggalkan residu yang kotor dan dapat mempengaruhi kondisi rambut.
Kesalahan 4: menggosok rambut terlalu keras
Umumnya saat mengeringkan rambut kita akan menggosoknya dengan handuk. Nah, menggosok rambut dengan handuk ini dapat menyebabkan batang rambut tergores dan terluka. Sehingga lebih baik bila Anda menepuk-nepuk atau membungkus rambut dengan lembut.
Kesalahan 5: tidak menggunakan produk yang sesuai jenis rambut
Tergiur promo atau wanginya, terkadang kita jadi sembarangan dalam memilih produk perawatan rambut. Lebih baik pilih produk perawatan yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan rambut saja.
Kesalahan 6: tidak menggunakan serum dan vitamin tambahan
Berpikir bahwa shampoo mahal sudah cukup merawat rambut itu salah besar. Bagaimanapun, rambut tetap membutuhkan perawatan ekstra dengan memakai serum dan vitamin tambahan. Serum tersebut memberikan kelembaban yang lebih pada rambut dan membantu mengatasi problem-problem rambut lainnya.
Kesalahan 7: terlalu sering menggunakan alat pencatok atau hair dryer
Panas dari hair dryer dan alat catok dapat memicu kerusakan pada rambut lho. Rambut jadi terlalu kering dan mudah patah-patah. Sehingga berikan waktu istirahat pada rambut dan biarkan kering alami tanpa menggunakan alat pencatok atau hair dryer setiap hari.
Kesalahan 8: berpikir bahwa harus mengikuti trend rambut
Memang tak ada larangan untuk mengikuti trend rambut, namun tak semua style selalu cocok dengan bentuk wajah dan jenis rambut lho. Untuk itulah saat pergi ke salon, cari gaya rambut yang sesuai dengan bentuk wajah serta jenis rambut Anda.