Kamis, 07 Juni 2012

CARA MENGGUNAKAN LAYANAN PAYPAL TANPA PUNYA KARTU KREDIT




PayPal, adalah salah satu layanan transaksi keuangan di internet yang cukup populer. Baik untuk pembayaran ataupun penerimaan dana. Untuk yang suka berbelanja di internet seperti eBay, Amazon, ataupun sekedar membayar langganan layanan foto Flickr, dapat menggunakan PayPal untuk pembayarannya. Sementara, bagi para pengguna internet yang biasa bekerja dengan rekan di luar negeri, dapat juga menggunakan PayPal untuk menerima pembayaran komisi atau gaji. Misalnya seperti para penulis ulasan berbayar (paid review), banyak yang menerima pembayaran melalui PayPal.

Apalagi, membuat rekening (account) PayPal ini tidak dikenakan biaya. Gratis! Dengan syarat, negara Anda sudah didukung oleh layanan PayPal. Indonesia sudah masuk ke dalam daftar negara yang didukung layanan PayPal.

Untuk melakukan pembayaran dengan PayPal, tentu saja Anda harus memiliki dana yang tersimpan di dalam rekening PayPal Anda. Anda dapat menggunakan kartu kredit Anda untuk mengisi dana di rekening PayPal Anda. Sementara untuk menerima pembayaran (transfer), Anda dapat melakukannya langsung tanpa harus mendaftarkan kartu kredit Anda.

Namun, Anda tidak dapat menggunakan dana yang ada di dalam rekening PayPal Anda jika Anda belum melakukan verifikasi — dengan mendaftarkan kartu kredit Anda! Ketika rekening PayPal Anda sudah terverifikasi, maka Anda dapat menggunakan dana PayPal yang Anda miliki untuk berbelanja di internet, ataupun mencairkannya ke bank lokal Indonesia.

Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki kartu kredit?

Ada sesuatu yang disebut Virtual Credit Card (VCC), kartu kredit virtual. Yakni sebuah produk kartu kredit yang dapat Anda gunakan secara virtual — di internet, tidak ada kartu fisik. VCC ini dapat Anda gunakan juga untuk melakukan verifikasi rekening PayPal Anda, tanpa perlu memiliki satu pun kartu kredit fisik.

Catatan tambahan: Hmm, sebenernya bisa saja menggunakan kartu debit dengan layanan Visa atau Mastercard seperti kartu ATM beberapa bank. Namun masalahnya, hampir semua kartu debit yang diterbitkan bank di Indonesia menggunakan kebijakan "electronic use only": hanya dapat digunakan dengan gesek (swipe), bukan transaksi melalui internet.

Lalu, bagaimana mendapatkan VCC itu?



Salah satu penyedia VCC di Indonesia adalah JualVCC.net. Saya telah menggunakan jasa JualVCC.net untuk membeli dan menggunakan sebuah VCC untuk memverifikasi rekening PayPal saya. Menggunakan jasa JualVCC.net ini cukup mudah, cepat, dan aman. Untuk pembayarannya, Anda dapat menggunakan transfer bank. Sekedar berbagi pengalaman, saya melakukan komunikasi dengan pihak JualVCC.net menggunakan Yahoo! Messenger dan melakukan pembayaran menggunakan internet banking. Proses pembelian dan verifikasi PayPal sukses dilakukan hanya dalam hitungan menit saja.

Dan kini, saya dapat berbelanja menggunakan rekening PayPal saya. Saya juga dapat mencairkan dana rekening PayPal saya ke bank lokal - lalu menariknya dari ATM.